Thursday, December 1, 2011

Kamus Matematika Bagian 13


S

scalene triangle = np. segitiga sembarang. Segitiga yang panjang sisi-sisinya tidak sama. After drawing a scalene triangle in a green paper, the child cuts it and glues it to his book. (Setelah menggambar sebuah segitiga sembarang di selembar kertas hijau, anak itu memotongnya dan menempelkannya di buku.)  

sector = n. juring. Bagian lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur. The circle is divided into five sectors. (Lingkaran itu telah dibagi menjadi lima juring.)

segment = n. tembereng. A circle can be divided into many segments. (Lingkaran dapat dibagi menjadi banyak tembereng.)

separate = adj. terpisah. There are two separate lines found inside the circle. (Ada dua garis terpisah terdapat dalam lingkaran itu.)

sequence = n. barisan. Lihat arithmetic sequence dan geometric sequence.

series = n. deret. A series is the indicated sum of the terms in a sequence. (Deret dinyatakan dengan jumlah suku-suku suatu barisan.)

set = n. himpunan. We can count the number of elements of set R. (Kita dapat menghitung jumlah anggota himpunan R.)

set cardinality = np. kardinalitas himpunan. Bilangan yang menunjukkan banyaknya anggota suatu himpunan. In set A = {a, b, c}, the cardinality is n(A) = 3. (Dalam set A = {a, b, c}, kardinalitas himpunannya adalah n(A) = 3.)

shape = n. bentuk. The roof of the building has the shape of a pyramid. (Atap bangunan tersebut memiliki bentuk piramid.)

side = n. sisi bangun datar. A triangle has three sides. (Segitiga memiliki tiga sisi.)

simplify = v. menyederhanakan. The algebraic forms such as 3a + 4a can be simplified. (Bentuk-bentuk aljabar seperti 3a + 4 a dapat disederhanakan.)

sketch = n. sketsa atau rancangan gambar. Before you make out a pyramide, draw its sketch first. (Sebelum Anda membuat piramid, gambar dulu sketsanya.)

slant height = np. tinggi miring. A cone has a slant height. (Kerucut memiliki tinggi miring.)

slope = n. kemiringan, gradien. Sisi miring segitiga. Look at the two triangles and find their slopes. (Lihat dua segitiga tersebut dan hitung kemiringannya.) 

solution = n. penyelesaian, pemecahan. Find the solution of the equation below. (Cari pemecahan persamaan di bawah ini.)

spherical = adj. berbentuk bola. Find out the area of a spherical object which has a diameter of 4.2 cm. (Hitunglah luas benda berbentuk bola yang memiliki diameter 4,2 cm.)

spread = v. menggelar atau merentangkan. Spread the paper flat on the table to form a cube. (Gelarlah lembaran kertas di atas meja untuk membentuk kubus.)

square =  n. persegi. 1. bangun bidang datar yang sisi-sisinya sama panjang. The square sides are 5 cm in length. (Panjang sisi-sisi persegi itu 5 cm.) 2. kuadrat. Hasil kali suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri. Nine is the square of three.  (Sembilan merupakan kuadrat tiga.)

square = v.  mengkuadratkan. The students squares 5 that makes 25. (Para siswa mengkuadratkan bilangan 5 yang menghasilkan 25.) 

stand for = v. berarti, melambangkan. What do the letters DOS stand for?(Apa arti singkatan DOS itu?).

state = v. menyatakan. The set of football players can be stated in the form of: {football players}. (Himpunan pemain sepakbola dapat dinyatakan dalam bentuk: {pemain sepakbola}.)

straight = adj. lurus. A straight angle has a measure of 1800. (Sudut lurus besarnya 1800.)

straight-line equation = np. persamaan garis lurus

subset = n. himpunan bagian, himpunan dalam himpunan. Set A {1,2,3} is the subset of set B {1,2,3,4,5}. (Himpunan A {1,2,3} adalah himpunan bagian dari himpunan B {1,2,3,4,5}.)

substitute =  v. mengganti. Substitute the value of x by 5. (Ganti nilai x dengan angka 5.)

substitution = n. penggantian atau substitusi. The solution of the equation should apply the substitution method. (Penyelesaian persamaan itu menggunakan metode substitusi.)

subtotal =  n.  jumlah bagian. The subtotal of the addition operation is 456. (Jumlah subtotal dari operasi penjumlahan tersebut adalah 456).

subtract = v.  mengurangi. Subtract 10 from 33. (Kurangi angka 33 dengan 10).

subtraction = n.  pengurangan. The subtraction of 12 from 36 is equal to 24. (36 dikurangi 12 sama dengan 24.) 

sum = n. jumlah. Hasil dari operasi penambahan. What is the sum of 4 plus 4? (Berapa jumlah 4 tambah 4?)

supplementary = adj. berpelurus, tambahan. 1. sudut 1800. 125° and 55° are supplementary angles. (Sudut 125° dan sudut 55° adalah sudut berpelurus.) 2. tambahan. The shop does not take any supplementary charges for all things it sells. (Toko itu tidak mengenakan biaya tambahan untuk semua barang yang dijualnya.)


Kalau Bapak Ibu Guru yang mengajar di SD, SMP dan SMA butuh kamus Matematika Bahasa Inggris, Silahkan Klik link di bawah ini untuk download. Terdapat dua kamus yang kami sediakan, ada yang dalam bentuk Ebook (PDF) dan Ada yang berbentuk Word.

Dalam Bentuk Ebook  :   Download Kamus Matematika Bahasa Inggris
Dalam bentuk Word   :   Download Kamus Matematika Bahasa Inggris


Dapatkan Artikel terbaru Rinjani Lovers secara gratis! Untuk itu, masukkan Email anda pada kolom di bawah ini. Setiap artikel yang kami publikasikan, akan langsung kami kirim ke Email anda

Delivered by FeedBurner

Baca Artikel menarik lainnya di bawah ini...



1 comment:

  1. artikel yang menarik, kami juga punya artikel tentang 'himpunan state' silahkan buka link ini
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3053/1/IMG_0015.pdf
    semoga bermanfaat ya

    ReplyDelete

home

Copyright © 2012 Tutorial Blogspot | Design by X-Template